rss

Kamis, 03 September 2009

Atasi Bau Mulut

Selama puasa, terkadang ada ketakutan jika mengalami bau mulut. Menurut PDGI, bau mulut sendiri disebabkan oleh menumpuknya sisa makanan di sela gigi akibat kurang menjaga kebersihan gigi, yang akhirnya mengundang bakteri sehingga mengakibatkan pengasaman di mulut. Tanda fisik dari bau mulut adalah dengan adanya lapisan putih pada lidah atau gusi, atau infeksi pada gusi dan gigi, atau karen makanan tertentu, seperti bawang merah dan putih yang memiliki kandungan minyak sehingga terbawa ke aliran darah.

Untuk bau mulut yang memerlukan bantuan dokter lebih lanjut adalah karena adanya penyakit seperti sinusitis, penyakit paru-paru, diabetes mellitus, gangguan pencernaan, dan kesulitan buang air besar (konstipasi). Sedangkan untuk bau mulut akibat kurangnya kebersihan mulut dapat dilakukan beberapa tips berikut :

Sikat gigi secara rutin
Membiasakan untuk selalu sikat gigi setiap kali setelah makan untuk membersihkan sisa makanan yang disukai bakteri. Bersihkan dengan teliti pada bagian sela gigi, gusi dan lidah, juga tumpukan kotoran yang mengeras di pinggiran gusi.

Banyak minum air putih
Hal ini untuk mencegah tumpukan air liur di lidah dan tenggorokan, juga mengantisipasi kumpulan bakteri di mulut.

Merawat gigi dan gusi
Untuk hal ini dapat konsultasi langsung dengan dokter gigi, guna perawatan gigi yang rusak atau berlubang, atau jika perlu menambal gigi yang menjadi tumpukan sisa makanan. Gusi yang luka juga harus diobati sebelum menjadi infeksi yang parah, dan jika perlu mencabut gigi yang bermasalah ke dokter gigi.

Berkumur setelah makan
Hal tersebut berguna untuk membersihkan sisa makanan. Langkah sederhana lainnya memakai cairan antiseptik pencuci mulut atau menggosok permukaan lidah secara perlahan guna menghilangkan air liur yang menumpuk.

Banyak makan makanan berserat
Gangguan pencernaan juga dapat menjadi penyebab bau mulut. Untuk itu, usahakan untuk makan makanan berserat, minum air putih dan olahraga teratur.

Beritanet

Artikel Terkait

3 comments:

Dunia Komputer on 8 September 2009 pukul 10.14 mengatakan...

Nice info! Kayanya belum banyak yang tau tentang ini. Keep post sob!

Unknown on 10 September 2009 pukul 08.34 mengatakan...

Boleh juga neeh...info yg bermanfaat. Salam kenal aja bro..

tikno on 11 September 2009 pukul 10.07 mengatakan...

Siip Infonya, tapi kalo Puasa Belum Bisa (Banyak Minum Air Putih) :D


Posting Komentar

Artikel Lainnya

  • Buku Tamu - Selamat Datang di Info Kesehatan, terima kasih atas kunjungan anda. Silahkan meninggalkan komentar anda disini. Salam Sehat, dr.Sea
  • Kuasa Mu - Aku yang terdiam ketika jasadku terhempas keras ke bumi Mu tak ada sepatah katapun yang keluar dari lisanku yang terlintas hanyalah seorang yang jauh disana ...
  • Blajar Cara Melacak IP ADDRESS - Artikel ini tentang bagaimana cara melacak IP address suatu situs. Dalam artikel ini akan membahas hal-hal berikut: *1. Melacak alamat IP suatu situs* *2...

Labels

Info Bisnis

 

Buku Tamu

Pengikut

Blog Archive