rss

Kamis, 24 September 2009

Gajah Mendengar Melalui Kaki

Jika Anda sepandai gajah, Anda pastilah dapat berkomunikasi dengan teman-teman tanpa menggunakan telepon seluler, iPod ataupun barang elektronik mewah lainnya. Sebab, yang harus Anda kerjakan hanyalah berbicara cukup keras seperti gajah. Bumi pun akan membawa pesan Anda melalui gelombang seismik di jarak yang cukup besar. Demikian diberitakan ABC News, baru-baru ini.

Gajah mendengar melalui kaki mereka. Gajah dapat berkomunikasi melalui gelombang seismik, yang menurut peneliti, vokalisasi gajah memukul tanah seperti ledakan kecil. Berdasarkan penelitian Caitlin O`Connell-Rodwell, gajah afrika mengangkat satu kakinya dan menempatkan lebih berat pada ujung kaki yang lainnya. Tujuannya untuk mendengarkan sinyal seismik yang dapat memberitahu banyak tentang bahaya, kehadiran makanan atau air serta datangnya calon pasangannya sekurang-kurangnya dapat didengar sejauh dua mil.

O`Connell menemukan kemampuan luar biasa dari gajah tersebut saat bekerja di Afrika, lebih dari satu dekade lalu. Dia mengenali kemampuan itu karena telah melihat petunjuk yang sama pada serangga yang pernah dipelajarinya tahun lalu di Universitas Hawaii.

Sekadar informasi, O`Connell adalah seorang ilmuwan yang secara khusus mempelajari perilaku ekologi di Universitas Stanford. Penelitiannya menunjukkan saat ini banyak hewan berkomunikasi melalui gelombang getaran halus yang berjalan di sepanjang permukaan bumi.

Artikel Terkait

2 comments:

tips komputer on 28 September 2009 pukul 20.57 mengatakan...

coba saya bisa melakukannya, pasti seru deh, lebih hemat krn tidak perlu lagi HP dan pulsa

Ayu Tri on 20 November 2009 pukul 18.24 mengatakan...

wah hebat hanya dengan menapakan kakinya ditanah gajah samapi tau tentang bahaya, kehadiran makanan atau air serta datangnya calon pasangannya sekurang-kurangnya dapat didengar sejauh dua mil. pasti informasinya sangat uptodate.
nice article..


Posting Komentar

Artikel Lainnya

  • Buku Tamu - Selamat Datang di Info Kesehatan, terima kasih atas kunjungan anda. Silahkan meninggalkan komentar anda disini. Salam Sehat, dr.Sea
  • Kuasa Mu - Aku yang terdiam ketika jasadku terhempas keras ke bumi Mu tak ada sepatah katapun yang keluar dari lisanku yang terlintas hanyalah seorang yang jauh disana ...
  • Blajar Cara Melacak IP ADDRESS - Artikel ini tentang bagaimana cara melacak IP address suatu situs. Dalam artikel ini akan membahas hal-hal berikut: *1. Melacak alamat IP suatu situs* *2...

Labels

Info Bisnis

 

Buku Tamu

Pengikut

Blog Archive