rss

Rabu, 11 Februari 2009

Sejarah Piala Oscar


Oscar merupakan penghargaan film yang paling bergengsi bagi para pembuat film dan sekaligus pula yang paling berpengaruh.

Hampir semua film yang meraih Piala Oscar diperhitungkan sebagai film terbaik dan kemungkinan mendapatkan sukses komersial di seluruh dunia.

Selain merupakan penghargaan film yang paling lama, Oscar juga melibatkan tokoh perfilman penting dari Academy of Motion Picture Arts and Sciences atau AMPAS yang sering disingkat menjadi Academy.

Piala Oscar biasanya dianugerahkan di Hollywood, yang merupakan pusat perfilman dunia, walau tentu saja produksi terbesar film dunia sebenarnya dihasilkan oleh Mumbai, India, yang dikenal sebagai Bollywood. Bagaimanapun Oscar dan Hollywood hingga saat ini masih tetap menjadi puncak dari perfilman dunia, terlepas bahwa sejumlah festival film dunia lainnya juga semakin penting.
Berdiri tahun 1927

Proses nominasi, pemungutan suara, dan penghargaan yang kini menjadi berita di seluruh dunia, berawal dari sebuah industri kecil.

Intinya adalah Academy, sebuah badan dengan anggota kehormatan yang berasal dari semua sektor dalam industri film.

Anggota Academy ditentukan oleh Dewan Gubernur dan syarat calon anggota adalah mencatat prestasi di bidang seni film --seperti akting, penulisan naskah maupun pengarahan film atau teknik film, sinematografi, editing, maupun suara.

Secara praktis anggota Academy adalah mereka yang pernah meraih Piala Oscar atau yang mendapat nominasi maupun mencatat pencapaian khusus atau memberikan sumbangan besar ke dalam perfilman dunia.

Saat ini tercatat lebih dari 6.000 anggota Academy, yang jelas meningkat amat pesat dibanding 36 anggota ketika didirikan tahun 1927 lalu.

Waktu itu anggota Academy adalah para eksekutif dan bintang film terkenal, antara lain Douglas Fairbanks Senior, Bette Davis, Gregory Peck, Walter Mirisch dan Karl Malden.


Berpindah tempat

Wajah Academy yang tampil ke muka khalayak umum, yang kini menjadi peliputan media seluruh dunia, adalah penghargaan film.

Piala pertama dianugerahkan pada Bulan Mei 1929 di Blossom Room, Hotel Roosevelt Hollywood.

Ketegangan menjelang pengumuman dan pengawalan ketat, yang sekarang disaksikan orang di seluruh dunia, jelas tidak terasa saat pertama kali digelar.Bahkan para wartawan sudah tahu siapa pemenangnya pada malam sebelumnya agar bisa dicetak bersamaan pada saat pemberian penghargaan digelar.

Namun tahun 1942 Hotel Roosevelt tidak sanggup lagi menampung para tamu dan acara dipindahkan ke Grauman Theatre Los Angeles, dan acara disiarkan lewat radio kepada para tentara Amerika yang sedang bertugas di Eropa dan Timur Jauh.

Tahun 1947, acara dipindahkan ke Shrine Auditorium di Los Angeles dan setelah itu the selama 10 tahun di gelar di RKO Pantages Theatre di Hollywood.Dan RKO Pantages inilah yang menjadi tempat pertama siaran TV oleh stasiun NBC, tepatnya tanggal 19 Maret 1953.

Sejak tahun 2002, anugerah Oscar dikembalikan ke Hollywood Boulevard, ke sebuah tempat khusus yang dibangung oleh industri foto Kodak dan disebut Kodak Theatre.


Kerahasiaan dijaga

Setiap anggota Academy mendapat suara sesuai dengan bidang-bidang keahliannya.

Dan film-film yang berhak mendapat nominasi adalah yang disiarkan sejak Piala Oscar tahun sebelumnya hingga tanggal 31 Desember di bioskop Los Angeles.

Batas waktu ini membuat Bulan Desember menjadi masa paling sibuk dalam pemutaran perdana film-fillm di Los Angeles.

Dan begitu memasuki batas waktu 31 Desember, mulailah para anggota Academy memberikan penilaian dan hanya untuk film terbaik saja semua anggota Academy punya hak suara.

Sejak tahun 1941, kerahasiaan pemenang dijaga ketat karena pada tahun sebelumnya orang-orang bisa melihat pengumuman pemenang di harian Los Angeles Times, yang beredar beberapa saat sebelum pemenang diumumkan.

Para pemenang saat itu memang mendapat pemberitahuan lebih dahulu untuk menyiapkan pidatonya.Demikian juga wartawan bisa mendapat informasi lebih dulu supaya bisa menyiapkan laporannya.

Namun sejak tahun 1942 para pemenang dirahasiakan dan kini kerahasiaan dijaga dengan bantuan sebuah perusahaan keamanan.Dan hal ini membuat ketegangan terasa di seluruh dunia, dengan bantuan TV yang menyiarkan langsung pemberian hadian Oscar.


Patung Oscar

Tingginya 35 sentimeter dan disepuh dengan emas 24 karat, Oscar merupakan piala yang paling dikejar oleh insan film dunia.Patung Oscar diambil dari gambar seorang kesatria yang memegang pedang dan berdiri di atas putaran film.

Yang merancang patung ini adalah Cedric Gibbons, Direktur Seni MGM, pada tahun 1828, sedangkan dasar patung dirancang oleh asistennya, Frederic Hope.

Namun nama Oscar baru digunakan untuk pertama kalinya pada tahun 1939 dan disebut-sebut yang memberi nama itu adalah pustakawan Academy, Margaret Herrick. Margaret dilaporkan mengatakan patung itu mengingatkannya pada pamannya, yang bernama Oscar, dan kemudian para staf di Academy ikut-ikutan menyebutnya Oscar.

Nama Oscar pertama kali muncul secara resmi ketika digunakan oleh Sidney Skolsky dalam tulisannya tentang Katherine Hepburn yang terpilih menjadi Artis Terbaik tahun 1934.

Sampai tahun 2001, sebanyak 2.365 Piala Oscar sudah diangerahkan dengan 20 kategori.

Tahun 1999, sebanyak 53 patung Oscar hilang karena dicuri dan belakangan ditemukan kembali di tempat sampah beberapa hari sebelum upacara pemberian hadiah Oscar digelar.


Hadiah pertama

Penghargaan Academy pertama dianugerahkan pada tanggal 16 Mei 1929 untuk film-film yang beredar pada tahun 1927-1928, dimana para peraih penghargaan adalah:

* Film Terbaik (Unik dan Artistik) - Sunrise
* Film Terbaik (Produksi) - Wings
* Aktor Terbaik - Emil Jannings untuk The Last Command dan The Way of All Flesh
* Artis Terbaik - Janet Gaynor di Seventh Heaven, Street Angel, dan Sunrise
* Sutradara Terbaik (Komedi) - Lewis Milestone untuk Two Arabian Knights
* Sutradara Terbaik (Drama) - Frank Borzage di 7th Heaven
* Pengarah Seni Terbaik - William Cameron Menzies untuk The Dove and Tempest
* Sinematografer terbaik - Charles Rosher dan Karl Struss untuk Sunrise
* Adaptasi Naskah Terbaik - Benjamin Glazer di 7th Heaven
* Naskah Terbaik - Ben Hecht untuk Underworld
* Judul Terbaik - Joseph Farnham dan George Marion
* Efek Terbaik - Roy Pomeroy di Wings

Dua penghargaan kehormatan diberikan kepada aktor komedi Charlie Chaplin dan film The Jazz Singers, yang merupakan film musik penuh yang pertama.

Artikel Terkait

0 comments:


Posting Komentar

Artikel Lainnya

  • Buku Tamu - Selamat Datang di Info Kesehatan, terima kasih atas kunjungan anda. Silahkan meninggalkan komentar anda disini. Salam Sehat, dr.Sea
  • Kuasa Mu - Aku yang terdiam ketika jasadku terhempas keras ke bumi Mu tak ada sepatah katapun yang keluar dari lisanku yang terlintas hanyalah seorang yang jauh disana ...
  • Blajar Cara Melacak IP ADDRESS - Artikel ini tentang bagaimana cara melacak IP address suatu situs. Dalam artikel ini akan membahas hal-hal berikut: *1. Melacak alamat IP suatu situs* *2...

Labels

Info Bisnis

 

Buku Tamu

Pengikut

Blog Archive