rss

Jumat, 01 Mei 2009

Kamera Tercepat di Dunia

Sistem pengambilan gambar tercepat dipertunjukan oleh para ilmuwan dalam laporan di Journal Nature.
Kamera mereka menangkap setengah milyar gambar dalam satu detik, lebih dari enam juta gambar tersebut ditangkap secara beruntun dalam hitungan sedetik.

Kamera itu bekerja dengan menggunakan tekanan laser beredar cepat di udara dan selanjutnya dibagi dalam satu waktu dan dideteksi secara elektronik.
Pendekatannya akan berupa alat instrumen dalam menganalisa, sebagai contoh untuk mengalirkan sampel darah dalam pencarian sebuah sel penyakit.
Hal menarik lainnya adalah, kamera ini bekerja hanya dengan satu alat deteksi daripada jutaan yang digunakan oleh kamera digital.

Mengumpulkan uap energi

Teknik mengumpulkan uap energi atau mengkodekan gambar dengan kuat ini tergantung pada kehati-hatian manipulasi yang disebut sebagai tekanan titik laser yang terus menerus.

Tekanan ini, kurang dari jutaan dari jutaan panjang perdetik mengandung beragam jenis warna.

Ini adalah ''Pelangi 2-D'' yang menyinari sebuah sampel. Bagian dari pelangi itu direfleksikan dengan sampel - tergantung dari pencahayaan dan wilayah gelap titik yang disinari - dan pencitraan itu kembali dijalur yang pertama dilalui.

Karena penyebaran tekanan dari beragam warna itu sangat tetap dan berurutan, ragam warna yang dicitrakan akan memenuhi ruang informasi sampel itu.

''Titik-titik yang terang akan merefleksikan panjang gelombang tapi tidak untuk yang gelap'' kata Bahraim Jalali, Profesor yang memimpin riset ini dari University of California, Los Angeles.

'' Ketika pelangi 2-D mencitrakan objek, gambar akan dicetak ulang menjadi titik spektrum berwarna.''

Titik spektrum berwarna ini kemudian kembali melewati optik yang menyebar dan berubah menjadi sebuah titik kecil cahaya, dengan menghasilkan gambar yang berisi dengan beragam warna.

Bagaimanapun, spektrum warna itu bercampur dengan sesuatu pengecualian dari titik cahaya yang pendek yang tidak mungkin dicapai dalam alat elektronik tradisional.

Tim ini kemudian mengarahkan titik kedalam sesuatu yang disebut serat yang menyebar, datang dari waktu yang berbeda di akhir serat.

Hal itu tetap barada dalam cahaya ketika keluar dari kabel serat dengan photodiode yang standar dan dimasukan kedalam pola data digital, membagi bagian lain dari titik yang tiba dari wilayah yang berbeda dalam ruang dua dimensi.

Hasil dari rangkaian optik itu adalah sebuah gambar yang merepresentasikan rangkaian potret hanya dengan jangka waktu 440 trilyun perdetik.
bbc

Artikel Terkait

7 comments:

tiyo avianto on 3 Mei 2009 07.57 mengatakan...

wah keren juga ya..bisabuat foto bintang jatuh tuh...ihihihihi

rakyatindonesia on 4 Mei 2009 00.00 mengatakan...

hebat tu kamera,punya kecepatan sepersekian milyar/detik.

kakve-santi on 4 Mei 2009 19.14 mengatakan...

wow..
kamera apa nih?

budiawanhutasoit on 5 Mei 2009 16.34 mengatakan...

Gila nih kamera, bisa mereka menangkap setengah milyar gambar dalam satu detik??
bentuk kameranya spt apa ya?

omiyan on 6 Mei 2009 14.12 mengatakan...

wah fantastik.....coba kamera saku saya begitu hihihi

septio hadianto on 10 Mei 2009 13.40 mengatakan...

wess dah diterapin ke kamera untuk umum lum tuh.

situsmobil on 1 Juni 2009 10.26 mengatakan...

Fantastik


Posting Komentar

Artikel Lainnya

  • Buku Tamu - Selamat Datang di Info Kesehatan, terima kasih atas kunjungan anda. Silahkan meninggalkan komentar anda disini. Salam Sehat, dr.Sea
  • Kuasa Mu - Aku yang terdiam ketika jasadku terhempas keras ke bumi Mu tak ada sepatah katapun yang keluar dari lisanku yang terlintas hanyalah seorang yang jauh disana ...
  • Blajar Cara Melacak IP ADDRESS - Artikel ini tentang bagaimana cara melacak IP address suatu situs. Dalam artikel ini akan membahas hal-hal berikut: *1. Melacak alamat IP suatu situs* *2...

Labels

Info Bisnis

 

Buku Tamu

Pengikut

Blog Archive